Sabtu, 29 April 2017

Ciri-ciri Awal Terkena Gejala Usus Buntu

Gejala usus buntu atau radang usus buntu adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Usus buntu harus diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena akan sangat berbahaya.

Lalu apa itu gejala usus buntu? Dan bagaimanakah gejala awal usus buntu ini?

Usus buntu merupakan salah satu organ didalam tubuh manusia, tepatnya bagian perut yang hingga saat ini nyatanya masih belum diketahui secara pasti apa fungsinya. Berbagai penelitian juga sudah dilakukan untuk meneliti apa fungsi si usus buntu ini, tapi tetap masih belum ada pendapat kuat yang menyatakan secara pasti. Usus buntu ini dikatakan hanya sisa organ dalam tubuh manusia. Tapi meski demikian, tidak mungkin semua organ dalam tubuh kita ini tidak ada fungsinya. Meski belum diketahui, tapi pasti usus buntu ini memiliki fungsi khusus sama seperti organ lainnya.

Ditengah simpang siurnya informasi mengenai fungsi usus buntu ini, nyatanya pada tahun 2007 Duke University Medical Centre mengungkapkan pernyataan baru. Menurut hasil penelitian yang telah mereka lakukan, usus buntu diperkirakan merupakan tempat bersarangnya bakteri-bakteri baik, dimana fungsinya untuk memulihkan pencernaan setelah sistem pencernaan terserang penyakit.

Sebenarnya sistem pencernaan yang terkena penyakit tersebut memiliki bakteri baik, namun karena terserang penyakit misalnya disentri, bakteri-bakteri tersebut mati. Dan fungsi bakteri tersebut digantikan oleh bakteri-bakteri baik didalam usus buntu.

Kembali ke pengertian gejala usus buntu sendiri, yaitu gejala penyakit yang disebabkan oleh peradangan usus buntu, dimana usus buntu ini mengalami penyumbatan akibat adanya benda keras pada tinja atau infeksi di usus buntu. Sehingga cabang getah bening mengalami pembengkakkan. Bila tidak segera ditangani, peradangan usus buntu ini bisa pecah dan bernanah, akibatnya bisa terjadi peradangan lain yang cukup serius di luar usus buntu juga.

Gejala Awal Usus Buntu



Peradangan usus buntu ini mengakibatkan penderita mengalami rasa sakit yang luar biasa, sehingga memutuskan untuk mengambil jalan operasi pengangkatan usus buntu. Namun, untuk mencegah hal tersebut terjadi, tidak salahnya jika kita mengetahui lebih awal bagaimana gejala usus buntu ini. Berikut adalah gejala-gejala yang menyerang si penderita:

1. Rasa sakit pada bagian pusar. Rasa sakit ini memang awalnya timbul pada bagian bawah pusar dan lama kelamaan akan menjalar ke bagian perut bawah lainnya.

2. Demam. Tak hanya rasa sakit pada bagian perut, ternyata demam juga bisa jadi merupakan gejala usus buntu. Kalau kondisi radang semakin parah, maka demam juga akan semakin tinggi.

3. Diare

4. Rasa sakit pada perut. Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah rasa sakit di perut tersebut benar terkena usus buntu atau bukan. Yakni dengan menekan bagian perut kanan bawah. Bila ditekan rasanya sakit, segera rujuk ke rumah sakit atau klinik terdekat. Karena bisa jadi usus buntu sudah pecah.

5. Rasa sakit pada perut semakin bertambah. Awalnya mungkin rasa sakit di perut hilang setelah muncul beberapa saat. Tapi beberapa jam kemudian rasa sakit tersebut bisa muncul kembali dan malah semakin sakit rasanya.

6. Terlalu sering buang gas dan perut terasa kembung. Sekilas mungkin tampaknya hanya sakit biasa, tapi kalau disertai dengan sakit perut bawah yang luar biasa, maka wajib segera diperiksakan

7. Mual-mual dan muntah. Kalau penderita mengalami mual dan muntah dalam waktu lama, bahkan sampai 12 jam tidak berhenti juga. Segera periksakan ke dokter agar dapat ditangani lebih lanjut.